Tinggalkan komentar

Pelajaran Berharga dari Sang Kura – Kura

Pada suatu hari kelinci ingin membuktikan kepada semua warga hutan, bahwa kura-kura tidak cocok mendapatkan jabatan yang sangat menjanjikan itu. Supaya semuanya tahu kura-kura tidak lebih dari seekor binatang pecundang dan gagal. Di hadapan banyak warga hutan, ia menantang kura-kura bersaing dengannya.

Kura-kura pun menerima tantangan itu. Dalam pertandingan ini, kedua pihak bisa mengajukan syarat-syarat tertentu. Kelinci memberikan syarat kepada kura-kura, bahwa pertandingan ini hanya antara ia dengan kelinci, yaitu hanya berdua saja.

Tentu saja syarat ini diterima kura-kura, bahkan sebelum adanya syarat itu, kura-kura juga sudah pasti memenuhinya. Sedangkan syarat dari kura-kura adalah kelinci harus membawa beban di punggungnya selama pertandingan. Dan berat beban tersebut sesuai dengan berat yang dipikul kura-kura ke mana ia pergi. Syarat ini tidak membuat kelinci gentar sedikitpun. Ia sangat yakin bisa memenangkan pertandingan itu, walau tidak pernah berlatih memikul beban di punggung. Syarat ini juga untuk mengukur kemampuan dirinya, apakah mampu membawa beban berat sambil berlari atau tidak.

Hari pertandingan pun tiba. Macan berdiri sebagai wasit lomba lari antara kura-kura dan kelinci. Macan lalu memberikan aba-aba, dan keduanya langsung bergerak. Dalam perlombaan itu, kebiasaan bergerak lambat si kura-kura tidak juga hilang. Sedangkan penantangnya sudah lari dengan semaksimal mungkin dan mengeluarkan semua potensi yang ada dalam dirinya.
Karena si kelinci berlari kencang, ia tidak sadar bahwa beban yang disyaratkan kepadanya ternyata ketinggalan di belakang. Sudah sampai di tengah perjalanan menuju garis finish, ia kembali ke belakang untuk mengambil bebannya, ternyata beban itu banyak menyedot energinya. Ia tidak kuat memikul beban yang berat itu sambil berlari. Apalagi kekuatannya semakin berkurang karena terlalu kencang berlari sebelumnya. Akhirnya, kura-kura berhasil menuju garis finish dan memenangkan tantangan itu. Seluruh penonton yang hadir sangat kagum kepada kura-kura ini dan semakin sayang kepadanya.

Cerita kura-kura cerdik ini sangat inspiratif dan membangun. Ada nilai pendidikan positif yang bisa Anda ambil:
Pelajaran dari sang kura-kura:
– Jangan menganggap sepele dan enteng terhadap sesuatu yang kecil, karena Anda yakin bahwa diri Anda mampu menyelesaikannya!
– Gunakan kecerdasan dan kecermatan Anda ketika menghadapi sesuatu yang baru dan yang tidak terduga dalam hidup!
– Manfaatkan dan isi waktu untuk hal-hal yang dapat menambah potensi diri Anda!
– Jangan pernah pasrah dan menyerah, seperti halnya kura-kura di atas!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: