Tinggalkan komentar

Ciri-ciri Akun Facebook yang Tertipu WhatsApp Palsu

Ilustrasi (ist)

Jakarta – Meski sempat beredar di Facebook dalam waktu relatif singkat, namun aplikasi WhatsApp palsu diprediksi sudah berhasil menjerat cukup banyak warga Facebook di Tanah Air. Seperti apa ciri-cirinya?
WhatsApp sejatinya merupakan aplikasi chatting yang tersedia untuk berbagai smartphone. Namun di Facebook, nama aplikasi ini dicatut untuk dijadikan alat mengumpulkan data oleh pembuatnya.
Nah, berikut adalah ciri-ciri akun Facebook yang sudah tertipu oleh WhatsApp gadungan tersebut. Seperti yang disampaikan perusahaan antivirus Vaksincom

Pertama-tama WhatApp palsu ini akan menyebarkan diri melalui teman Facebook pengguna yang terjangkit dan berisikan pesan: [nama akun Facebook] has shared 3 pics with you in WhatsApp. Seperti gambar di bawah ini.

Kemudian jika Anda tergoda dan mengklik notifikasi tersebut, maka pengguna akan dibawa ke layar konfirmasi dari Facebook seperti di bawah ini. Isinya, meminta persetujuan pemilik akun Facebook untuk mengakses informasi.

Jika kita cermat dan memperhatikan secara seksama, keabsahan aplikasi ini sebenarnya mulai dapat diragukan, karena WhatsApp merupakan aplikasi berbagi pesan / messaging dan bukan game seperti yang terlihat dari gambar 3 di bawah ini.

Guna lebih meyakinkan lagi, aplikasi gadungan ini akan menampilkan foto kontak beberapa teman Anda yang diklaim ikut menjadi pengguna aplikasi ini, padahal mereka tidak menggunakannya.

Hal ini dibuat untuk lebih meyakinkan calon korban ini adalah aplikasi terpercaya dan banyak digunakan oleh rekan-rekan Anda. Padahal informasi tersebut tidak benar.

Jika pengguna memperbolehkan aplikasi ini dijalankan, maka akan muncul konfirmasi lainnya yang meminta apakah Anda ingin mengirimkan aplikasi ini kepada kontak Facebook anda yang lain.

Celakanya, baik memilih opsi [Send Request] atau [Cancel] aplikasi tetap akan langsung mengirimkan notifikasi aplikasi ini kepada kontak-kontak anda seperti yang terjadi pada gambar di bawah ini.

Aplikasi ini memang tidak akan menimbulkan kerusakan atau kerugian finansial, melainkan hanya sebatas mengumpulkan data warga Facebook untuk keuntungan pribadi para pembuatnnya.

Saat ditelusiri aplikasi ini memiliki server di milindgupta.com, yang pada saat ini sudah diblokir. Jika WhatsApp palsu ini berhasil aktif dan Friend Request dikirimkan, maka ia akan menampilkan pesan untuk mengisi survei dengan alasan untuk memastikan bahwa pengguna aplikasi ini adalah manusia dan bukan program (spambot). Inilah modal sang pembuat untuk menghasilkan rupiah.

Hingga kini tidak diketahui berapa banyak warga Facebook yang terjebak oleh aplikasi tersebut, namun disinyalir kebanyakan korban berasal dari Thailand dan Indonesia.

“Aplikasi ini hanya berumur kurang dari 12 jam. Menurut pengamatan Vaksincom, korban terbanyak terjadi di Thailand dan Indonesia. Namun administrator Facebook bergerak cepat menghapuskan posting-posting yang dilakukan oleh aplikasi jahat ini,” jelas Alfons, praktisi keamanan internet dari vaksincom.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: