Tinggalkan komentar

Wah! Megahnya Markas Baru Facebook

California, AS – Meski tengah ditempa ketidakpercayaan pasar di lantai bursa, setelah nilai sahamnya masih melempem, Facebook nyatanya tetap menjadi jejaring sosial terbesar di dunia.
Jadi rencana untuk membuat markas yang sangat megah pun terus digenjot Mark Zuckerberg. Tentu menarik mencari tahu seperti apa desain dan tampilan rangkaian bangunan yang disebut sebagai kampus Facebook itu.
Zuckberger sendiri telah merekrut arsitek kenamaan, Frank Gehry, sebagai otak desain dalam rencana ekspansi besar-besaran kantor pusat Facebook di Menlo Park, California tersebut.
Diklaim, markas baru yang telah direnovasi ini akan menjadi ‘rumah’ yang sangat nyaman bagi ribuan karyawan Facebook dalam berkarya.
Hmm… Penasaran seperti apa bocoran kantor tersebut. Berikut desainnya seperti detikINET kutip dari The Wall Street Journal, Rabu (5/9/2012).

1. Konsep Inovatif

Inilah Frank Gehry–sosok yang berada di sebelah kanan Mark Zuckerberg–yang bertugas mencari ide kreatif dalam mendesain kantor pusat Facebook yang baru.
Tentu Zuckerberg menginginkan sesuatu yang spesial dari markas barunya ini. Alhasil, Gehry harus pintar-pintar memutar otak untuk memenuhi klien kelas atasnya tersebut.
Hingga akhirnya Gehry datang dengan suatu konsep yang cukup diterima oleh Zuckerberg.
“Tujuan saya adalah untuk merancang kantor Facebook dengan lingkungan yang dapat mendorong budaya inovatif yang telah (Mark Zuckerberg dan Facebook) ciptakan,” ujar Gehry.
Terdengar sederhana dan klise memang. Namun ya kita lihat saja bagaimana realisasinya ketika di lapangan.

2. Ruang Terbuka yang Besar

 

Salah satu langkah awal Gehry dalam merancang kampus Facebook yang baru adalah dengan membuat satu ruangan yang sangat besar untuk dapat menampung para karyawan.
Bisa dibilang, ruangan yang dimaksud berkonsep open room. Jadi nantinya para karyawan dapat bekerja dalam satu wilayah dan dapat berinteraksi dengan cepat.
“Mark (Zuckerberg) mengatakan kepada saya bahwa impiannya adalah dapat mengumpulkan semua timnya dalam satu ruangan. Ini adalah tantangan sekaligus penghargaan bagi saya untuk membantu Mark dan timnya untuk membuat pekerjaan terbaik,” kata Gehry.
Namun bukan berarti tak ada tempat yang memiliki privasi di markas Facebook ini. Sebab, dikatakan pula akan dibuatkan sejumlah ruangan-ruangan khusus untuk menjaga privasi itu.
Terlihat dalam gambar adalah Gehry dan Zuckerberg yang sedang bercengkrama dengan Craig Webb, salah satu partner Gehry.

3. Ruang Hijau

 

Berikut maket kantor baru Faceboook. Terlihat ruangan hijau sangat terasa di rangakaian bangunan yang didesain.
Sudut hijau juga merambah rooftop alias bagian atas gedung. Dimana pepohonan rindang jadi penghias yang menyegarkan.
Dalam keterangan resminya, Facebook mengatakan bahwa perhatian mereka yang tinggi tentu saja juga mengarah ke bagian outdoor. Dimana mereka ingin menggunakan banyak gaya arsitektur lokal dan menanam berton-ton pohon di dalam tanam.
“Itu pun belum cukup, sebab kami juga ingin membuat taman rooftop,” tulis Facebook.

4. Tanda Jempol

Ini merupakan salah satu sudut detail desain markas baru Facebook. Jika teliti Anda bisa menemukan bangunan yang di dindingnya bergambar tanda jempol alias Like yang sangat identik dengan jejaring sosial itu.
Desain ini dibuatkan Gehry untuk kampus barat Facebook. Dan lagi-lagi, pepohonan nan hijau menghiasi berbaai sudut bangunan, tak terkecuali bagian atasnya.
Sementara di bagian sisinya terdapat jalur pejalan kaki dan kendaraan yang dipisahkan dengan wilayah hijau.

5. Tampilan Atas

Jika dilihat dari bagian atas maket ini, terlihat jelas bahwa markas Facebook sangat luas. Dari ujung ke ujung wilayah selalu diwarnai dengan pepohonan nan rindang.
Di salah satu sisi juga ada danau untuk menegaskan kesan hijau di lingkungan kantor raksasa jejaring sosial ini.
Diperkirakan aktivitas break ground akan dimulai pada awal tahun 2013 dan diharapkan pengerjaan konstruksi dalam waktu yang tidak terlalu lama.
Nah, ketika rampung, kantor baru ini diperkirakan dapat menjadi ‘surga’ untuk bekerja bagi sekitar 2.800 engineer.

Sumber : http://inet.detik.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: